31 Oktober 2009

Server Opera Mini di Oslo

Saat saya mengunjungi blog milik sekolah saya kemudian membaca traffic historynya, saya sempat kagum plus terkejut.
Pada widget tersebut, terpampang jelas bahwa pengunjung mayoritas dari Oslo. Wah, keren, dari luar negeri. . .. hebat nih Pak Alfan, kenalannya dari Oslo.
Tapi setelah saya baca traffic lainnya, saya baru sadar, bahwa yang left dari blog tersebut semua melalui link link blog siswa. dari situ saya berfikir, 'Buat apa para orang bule ngublek blog bocah2 ingusan?'

entah dari mana nyautnya, saya teringat bahwa saya surfing menggunakan opera mini mobile, ingat juga deh kalo opera mini bekerja dengan server opera mini. bukan dg direct connection seperti browser bawaan hp.
Dan akirnya, sampailah kesimpulan saya bahwa, Visitor bule dari Oslo itu sebenarnya ya kita sendiri, tapi melalu server opera mini mobile yang ternyata juga berada di Oslo.

hipotesa ini kemudian saya buktikan dg mengklik link blog saya, http://thelibert.wordpress.com. setelah itu saya langsung ke start page opera, kemudian membuka lagi blog sekolah saya. dan ternyata benar. di Traffic nya tertulìs, 'Oslo has left TIK SMUN 1 Ngawi via thelibert.wordpress.com.'
hehehe. . .padahal yang akses ada di tanah jawa tercinta, tapi traficnya di Oslo. wah, keluar negeri tanpa menginjak kaki di tanah sana ni. . .

1 komentar: